Seorang Buruh Masuk Toko

25 04 2008

masuk toko

yang pertama kurasa adalah cahaya

yang terang benderang

tak seperti jalan-jalan sempit

di kampungku yang gelap

sorot mata para penjaga

dan lampu-lampu yang mengitariku

seperti sengaja hendak menunjukkan

dari mana asalku

aku melihat kakiku – jari-jarinya bergerak

aku melihat sandal jepitku

aku menoleh ke kiri ke kanan – bau-bau harum

aku menatap betis-betis dan sepatu

bulu tubuhku berdiri merasakan desir kipas angin

yang berputar-putar halus lembut

badanku makin mingkup

aku melihat barang-barang yang dipajang

aku menghitung-hitung

aku menghitung upahku

aku menghitung harga tenagaku

yang menggerakkan mesin-mesin di pabrik

aku melihat harga-harga kebutuhan

di etalase

aku melihat bayanganku

makin letih

dan terus diisap

Oleh : Wiji Thukul 10 september 1991

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

